6 Alasan Mengapa Kamu Wajib Gabung di PPAN

Pada mulanya, saya berniat menyimpan catatan ini untuk diri saya sendiri. Semacam rahasia yang tak ingin saya bocorkan kepada siapa pun. Sebab ini mungkin akan lebih bersifat pribadi. Kekhawatiran awal saya adalah takut jika persepsi ini kurang baik dan mengganggu keputusan atau merusak pandangan awal beberapa orang tentang Program Pertukaran Antar Negara (PPAN).  Namun, dengan kalimat awal seperti ini, semoga saja kekhawatiran itu tidak terjadi. Setiap dari kita memiliki pandangan yang berbeda - beda. Dan semoga kita senantiasa saling menghargai.



Sumber gambar dari Tim PPIK 2012 - 2013
Berikut, enam alasan mengapa kamu wajib gabung di PPAN.


1. Menikmati Masa Muda

“MASA MUDA, MASA YANG BERAPI - API”

Sumber gambar di sini

Seperti itu penggalan syair dari lagu Kak Rhoma. Sejak dulu hingga sekarang, saya setuju dengan itu. Bahkan di ilmu psikologi pun, berbagai penelitian membuktikan pendapat itu. Sekiranya, masa muda dapat memberikan kontribusi besar terhadap masa depan kita. Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) sejatinya ditujukan untuk peMUDA. Kesempatan ini semoga dapat dimanfaatkan dengan baik. Membiarkan api dalam diri kita menyala, disertai dengan niat yang baik, tentu akan menghasilkan sesuatu yang baik pula.

2. Memahami Diri Sendiri dan Orang Lain

Sumber gambar di sini

“Memahami” kadang kala tak sesederhana yang kita pikirkan. Memahami diri sendiri, terkadang sulit. Terlebih memahami orang lain. Program PPAN akan mengajak kita untuk mengenali, mengembangkan dan meningkatkan potensi yang kita miliki. Berbagai program telah didesain dengan cara yang pas dengan berbagai pertimbangan. Di program, akan ada banyak kejutan yang kemungkinan besar sulit diprediksikan. Perihal diri kita yang mungkin sulit dipahami, atau sebaliknya. Di dalam program, diri kita yang sebenarnya akan muncul. Semoga!


3. Memperkaya Perspektif

Sumber gambar di sini

Bukan hanya urusan tentang diri kita atau orang lain. Program akan memberikan kesempatan untuk kita dalam melihat kondisi tempat yang berbeda. Membiarkan kita merasakan lingkungan yang belum pernah kita rasakan. Ketika bersentuhan dengan cara berpikir orang yang berbeda budaya atau tempat, kita ditantang untuk mampu mendewasakan pikiran maupun perasaan. Secara tidak langsung, perspektif berpikir kita tidak hanya dalam satu sisi. Perlahan, kita akan berusaha memahami kondisi yang ada di dalam program. Selepas itu, seusai program berakhir, pengalaman itu tetap dapat kita aplikasikan dalam kehidupan sehari - hari.

4. Menemukan Rindu

Sumber gambar di sini

Rindu kali ini tidak sesempit rindu yang kadang terdengar di telinga kita. Ini lebih kepada upaya untuk membuktikan nasionalisme kita terhadap bangsa Indonesia. “Rindukah kita dengan Indonesia?” Ada banyak hal dari Indonesia yang saya rindukan ketika program. Lain kali, semoga kita bertemu dan berbincang tentang itu. Ada banyak cara untuk keluar negeri, tapi melalui PPAN, rasanya akan jauh lebih terasa. Perasaan itu sulit untuk saya jelaskan, akan lebih baik jika anda sendiri yang mencobanya dan kita akan boleh bertukar rasa.

5. Memotivasi Diri Sendiri

Sumber gambar dari Tim PPIK 2012 - 2013

Saat program atau setelah program, kita akan selalu merekam sejumlah peristiwa yang berkesan. Terlebih saat kita berada pada lingkaran orang - orang yang hebat dan keren, kita kadang tak sengaja berusaha untuk berjuang lebih. Kita bisa saling bertukar pengalaman dan berbagi motivasi. Di dalam program, telah banyak alumni yang telah mendapatkan mimpinya, dan dari sana kita dapat belajar banyak hal dan memotivasi diri kita agar dapat lebih baik dan bermanfaat.

6. Mendapatkan Keluarga Baru


“Harta yang paling berharga adalah keluarga” - Keluarga Cemara

Bagi generasi 90-an, mungkin akan mengenal “Keluarga Cemara”. Petikan lagu itu saya tuliskan untuk menggambarkan poin terakhir ini. Sebab untuk alumni PPAN, selepas program kita akan tergabung dalam Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI). Melalui PCMI, seluruh alumni program pertukaran akan bergabung dan berkolaborasi. Setiap provinsi memiliki PCMI dan dengan itu pula, kita bergerak bersama tuk mengabdikan ilmu atau pengalaman yang kita dapatkan selama program.  Sekarang, saya tergabung dan aktif di PCMI Sulawesi Selatan. Beberapa kali sempat bertemu dan berbagi dengan beberapa PCMI di daerah lain. Layaknya keluarga, kami saling bertukar kabar, saling mendukung dan menjalin silaturahmi.

PCMI SULSEL yang keren. (Sumber Gambar dari Tim Seleksi PPAN 2012 - 2013). 


Terakhir, jodoh itu rahasia Tuhan. Tapi, di PCMI tak jarang Tuhan membuka rahasianya dengan mempertemukan seseorang dengan seseorangnya yang kemudian berlabuh di pelaminan. Dan jadilah mereka keluarga yang tanda petik. 

*

Semoga catatan ini bermanfaat, “Be your self and don’t be a normal” Mantra ini mungkin pada suatu waktu akan bermanfaat di seleksi. Seleksi apa pun itu. Sampai jumpa J

No comments:

Powered by Blogger.