Sweet Spot dalam SNMPTN

SELEPAS lulus SMA, mendapatkan status mahasiswa di universitas atau jurusan favorit menjadi mimpi teramat indah. Namun, mimpi itu mesti diwujudkan dengan kerja keras dan kerja cerdas. SNMPTN menjadi salah satu pintu untuk menjadikan mimpi itu sebagai kenyataan. Pendaftaran SNMPTN 2013 telah dibuka pada 1 Februari hingga 8 Maret 2013, dan dilanjutkan dengan proses seleksi pada 9 Maret sampai 27 Mei 2013. Hasil seleksi akan diumumkan pada 28 Mei 2013 nanti.  



Menghadapi SNMPTN bukanlah perkara yang mudah, butuh sebuah upaya yang dibarengi dengan ketekunan, kesabaran dan keyakinan. Salah satu masalah yang hadir dalam SNMPTN adalah menentukan pilihan, jurusan maupun universitas. Penentuan pilihan dalam SNMPTN bisa juga menghadirkan kegalauan yang rumit. Butuh sebuah strategi dalam melewati rintangan yang menghadang di SNMPTN.
Perlu dipahami bahwa idealnya, jurusan yang kita pilih merupakan pilihan yang selaras dengan minat, bakat dan kesempatan. Pilihan mesti sesuai dengan pribadi yang kita miliki, dalam Psikologi terdapat istilah yang disebut sebagai sweet spot, yaitu titik di mana minat dan bakat bertemu. Dengan memperhatikan hal tersebut, maka jurusan yang nantinya akan dipilih dapat dinikmati di masa depan tanpa ada rasa penyesalan. Menentukan jurusan sama halnya menentukan masa depan, sehingga perlu pemikiran yang bijaksana dalam menghadapi berbagai pilihan yang menggoda.
Sweet spot dala
m SNMPTN akan membantu dalam penentuan jurusan. Mari berusaha menentukan titiksweet spot dengan melihat dua hal, pertama adalah mengenali pelajaran atau hal yang yang kita senangi, things which we love to do it. Kedua adalah, mengenali prestasi yang selama ini diraih dalam masa SMA sebagai bukti akan kemampuan yang kita miliki. Mempertemukan kedua titik tersebut akan mempermudah untuk mengenali jurusan yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan kita.
Segala jurusan yang tersedia seluruhnya menyimpan peluang yang sama. Di masa depan, kita yang akan menentukan bahwa jurusan apa pun yang dipilih namun sesuai dengan kemampuan, bakat dan minat, akan membuahkan hasil yang positif. Terkadang ada beberapa yang mempertahankan jurusan yang dianggap bergengsi namun sebenarnya tidak sesuai dengan dirinya. Hal tersebut sama saja membuang kesempatan untuk menemukan dan menggapai masa depan yang sesungguhnya. Kegagalan di SNMPTN bukan karena kita bodoh, melainkan strategi yang kita gunakan tidak sesuai dengan kemampuan yang kita miliki.
Maka dari itu, pada dasarnya untuk berhasil di SNMPTN dan sukses menantang masa depan kunci utama adalah mengenal diri sendiri kemudian menemukan sweet spot. Mengetahui secara jelas apa yang kita miliki menjadi modal utama, sehingga kita dapat menentukan segala pilihan yang ada di hadapan kita. Bukankah hidup adalah pilihan?


*
Tulisan ini di muat dalam kolom Mahasiswa, 15 Feb 2013 okezone.com, klik di sini.

No comments:

Powered by Blogger.