Dunia Anak Kecil Yang Dihidupkan Kembali

Robert Louis Stevenson lahir di Edinburgh, Skotlandia, 13 November 1850. Ia menjadi anak tunggal dari pasangan Thomas Stevenson dan Margaret Balfour. Stevenson memiliki paru-paru yang lemah yang diwarisi dari ibunya. Ketika usianya belum genap dua tahun, seorang wanita muda yang bernama Alison Cunningham bergabung dalam lingkaran keluarganya dan wanita muda itu pun menjadi perawatnya.



Lebih dari tiga puluh tahun kemudian, Robert Louis Stevenson menuliskan sejumlah puisi masa kecilnya yang terhimpun dalam buku A Child’s Garden of Verses. Buku itu didedikasikan kepada perawatnya. Di usia awal Stevenson, ia termasuk anak yang lambat untuk memiliki kemampuan membaca, namun beruntungnya, Cummy (panggilan perawatnya) senang membacakan cerita-cerita untuknya.

Melalui puisi-puisi dalam buku tersebut, kehidupan masa kecil Robert Louis Stevenson pun terungkap dan bagaimana ia memandang kehidupan atau dunia di sekitarnya. Salah satu puisi yang berjudul "The Land of Counterpane" menggambarkan ketika ia tengah dalam keadaan tidak sehat.

Ketika aku sakit dan berbaring di tempat tidur,
Aku punya dua bantal di kepalaku,
Dan semua mainan berbaring di sampingku
Untuk membuatku bahagia sepanjang hari.

"The Land of Counterpane."

Terdapat 65 buah puisi dalam buku itu. Satu per satu sejumlah puisi dalam buku A Child’s Garden of Verses akan membawa kita masuk ke dunia Robert Louis Stevenson ketika masih kanak-kanak. Beberapa puisi yang terkenal dalam karyanya ini adalah “The Land of Counterpane”, “My Shadow dan “The Lamplighter.” Apa lagi jika kita tiba pada kalimat,

Di dunia ini dipenuhi dengan begitu banyak benda
Aku yakin kita semua wajib berbahagia seperti para raja
"Happy Thought."

Sepertinya pada puisi ini digambarkan bahwa anak-anak adalah pemilik segala hal. Menjadi seorang raja dan melihat dunia dipenuhi dengan apa saja yang ingin kita dapatkan. Pada Desember 1894, Robert Louis Stevenson meninggal. Usianya mencapai 44 tahun. Sedang Cummy meninggal pada usia 92 tahun. Setelah kematian Robert Louis Stevenson dan terkenalnya A Child’s Garden of Verses, perawatnya, Cummy menjadi terkenal. Bagi Robert Louis Stevenson, perawatnya itulah yang benar-benar memahami apa yang dia inginkan.

Membaca A Child’s Garden of Verses dapat menjadi ruang untuk menghidupkan masa kecil dalam diri kita masing-masing. Bagaimana kita bertemu dengan pertanyaan seorang anak kecil yang tak dapat diterka;   

Apa yang anak kecil lainnya lakukan?
Dan apa yang masa kecil, inginkan darimu?
"To Auntie."


Beberapa versi A Child’s Garden of Verses ini telah diterbitkan dengan disertai sejumlah ilustrasi yang menarik. Berhasil menulis untuk orang lain sebagai bentuk ucapan terima kasih barang kali adalah sebuah kesempatan untuk mencapai kebahagiaan besar yang dimiliki seorang penulis. Dan melalui A Child’s Garden of Verses, Robert Louis Stevenson telah menjadi dunia anak kecil yang dihidupkan kembali. 
   

No comments:

Powered by Blogger.