"Saya menulis untuk belajar mendengar dan menegur diri sendiri"

Tuesday, September 24, 2013

Kerinduan di Bulan September

4:31 AM Posted by Wawan Kurn , 1 comment
Tidak ada salahnya jika saya menuliskan atau membagi rindu yang sedang tumbuh di Bulan September.



  1. Dua anak kecil yang masih menggunakan seragam putih merah, dan masih belajar membaca dan menulis. Ada yang suka mobil-mobilan, satunya lagi suka robot. Ada yang suka mendengar cerita, satunya lagi suka bercerita. Saya rindu bermain atau bercerita dengan mereka.  
  2. Sepasang kekasih yang kemudian berjodoh dan punya empat orang anak. Setiap hari, menegur dan bertanya tentang kabar saya. Setiap saat selalu berdoa untuk saya. Saya rindu duduk di antara kasih sayang mereka. 
  3. Seorang perempuan yang ditinggalkan suaminya, saat usia pernikahannya telah tiba pada usia 69 tahun, dan hanya punya satu orang anak laki-laki. Saya akan selalu mengirimkan doa-doa kepada suaminya. Sebab suami perempuan itu telah mengajarkan saya untuk belajar berteman dengan buku-buku, memaknai sepi, sendiri, dan kemandiriaan. Saya rindu melihat senyumnya yang tulus. Saya juga rindu pada suaminya, tapi lewat buku saya selalu menemukan jawaban rindu untuk suaminya.
  4. Sebuah keluarga yang rumahnya jauh dari tempat ini, Makassar. Dengan pesawat, butuh 24 jam untuk tiba di tempat mereka. Saya belajar untuk memaknai arti keluarga, diajarkan kesabaran dalam menyulam benang wol hingga dapat menjadi sesuatu yang bernilai. Seketika saya menjadi lelaki yang pandai menyulam, “perempuan itu, baiknya pandai menyulam” kata perempuan yang mengajarkan saya tentang itu.
  5. Sebuah keluarga yang rumahnya cukup jauh dari tempat ini, Makassar. Dengan menggunakan kapal laut, butuh waktu dua hari semalam untuk tiba di tempat mereka. Saya diajarkan kesederhanaan dan kedamaian tentang keluarga. Mereka tulus, saya rindu ketulusan mereka.
  6. Saya merindukan teman-teman yang telah bersama saya selama kurun waktu satu semester. Mereka mengenal saya dengan baik, mereka saya anggap sebagai keluarga sendiri. Saya merindukan kegilaan mereka dalam menikmati waktu.
  7. Seorang perempuan yang jauh namun dekat, dekat tapi jauh. Sejak mengenalnya, saya seperti mulai mengabaikan jarak. Jarak apapun itu. Saya rindu kepadanya, di dalam namanya ada tiga huruf A. Mungkin karena itu, dia menyukai saya yang bergolongan darah A. Ah, bercanda. Tentang alasan itu, biarkan dia sendiri yang menyimpannya.     

 "Rindu akan bermuara pada waktu. Semoga"

1 comment:

  1. Looking for Abstract art gallery ? Awesome collection of abstract art for sale. Original Wall Art, Modern Contemporary Large Abstract Paintings for Sale.

    ReplyDelete