"Saya menulis untuk belajar mendengar dan menegur diri sendiri"

Saturday, May 4, 2013

Perihal YLI Forum Pertama

1:16 PM Posted by Wawan Kurn No comments
Beberapa hal yang menjadi cerita dalam perjalanan menuju Young Leaders for Indonesia Forum I, Jakarta 27-28 April 2013;

[Sumber: Mba Atun] Selepas Coaching


  1. Saya mendapatkan tiket penerbangan di subuh hari; saya harus begadang agar tidak terlambat. Saya tidak ingin tidur, namun pada akhirnya mata saya terpejam beberapa menit, nyaris terlambat. Dan juga saya meminta bantuan seorang teman untuk mengantarkan saya ke bandara pada pukul 3 pagi, namanya FAIZAL. FAIZAL adalah seorang kawan yang kukenal sejak SMP melalui Pramuka, kemudian akrab di SMA. Akan kuceritakan lebih lanjut tentang FAIZAL di postingan selanjutnya. 
  2. Di bandara, saya berkenalan langsung dengan Mustaqim. Mustaqim tiba satu jam lebih cepat, dia amat berhati-hati untuk tidak ketinggalan pesawat.
  3. Saya  kembali bertemu Adityawarman, salah seorang anggota Tim Charlottetown – Cikandang, PPIK 2012-2013. Dia memang baik hati, menjemput dan mengantarkan kami menuju tempat pelaksanaan. Berbincang dan bernostalgila bersama. Sebentar lagi dia akan sering-sering tampil di Liputan 6, menjadi pembaca berita. Semoga dia menikmati pekerjaan dan jalan barunya. [Terima Kasih Bang, #semoga dia membacanya]
  4. Ada 62 peserta di Forum ini dari berbagai daerah di Indonesia, mereka punya kepribadian dan prestasi yang luar biasa. Saya belajar banyak hal, selalu. Setiap orang punya energi yang berbeda, sebisa mungkin kutemukan positifnya dan kudapatkan frekuensi yang sama.
  5. Pemateri dalam forum; ada Tri Mumpuni (IBEKA), Erwin Aksa (President Director of BOSOWA), Alex Rusli (CEO Indosat). Mereka menularkan beberapa hal kepada peserta, memperkenalkan arti kepemimpinan. Selain itu ada materi dari McKinsey yang tak kalah menarik, mulai dari kepemimpinan, hingga proses Problem Solving D-S P-A.
  6. Forum I hanya berlangsung 2 hari, sehingga saya tidak sempat akrab dengan seluruh peserta. Kecuali dengan orang-orang yang ada di meja 8, yang notabene menjadi Tim untuk menampilkan sesuatu di panggung. Semoga pertemuan selanjutnya, kita bisa saling kenal.
  7. Ada tanggung jawab yang mesti dilaporkan di Forum Kedua, dan akan kunikmati. Ada proses coaching juga untuk masalah ini. Nantinya akan kujelaskan tentang tanggung jawab yang kumaksud.  
  8. Saya paling suka materi tentang MENTAL PEAK PERFORMANCE, dibawakan oleh Andy Holley yang berasal dari Singapura. Tiga kata kunci untuk materinya adalah, Meaning, Framing, Energizing. Ada materi tentang optimisme yang menjadi pembahasannya, caranya menyampaikannya sederhana dibanding buku Psikologi Positif. Dari penjelasannya, saya kembali membuka catatan Psikologi Positifku, dan menemukan titik poinnya. MENARIK. 
  9. Saat ingin pulang, saya, Mustaqim cukup duduk di lobi hotel menunggu Adityawarman. Dia menjemput kami, dan sebelum ke Bandara kami menyempatkan diri untuk singgah di restoran masakan Jepang. Sekedar mengingat kegiatan favorit selama di program PPIK sambil bertukar cerita. [To Adit, Could you send our picture in my email or facebook. For this blog ;) ]
  10. Saya dan Mustaqim, tiba di Makassar pukul 1.00 WITA dengan selamat.  

[Sumber: Pribadi] Bersama Mustaqim.

S              Selanjutnya akan ada Forum kedua, saya akan belajar lebih banyak lagi nantinya. PASTIKAN!










0 comments:

Post a Comment