Sejumlah pertanyaan untuk +1


Setelah beberapa Minggu kemarin Post “Mengenal +1” hadir, ada sejumlah pernyataan dan pertanyaan yang muncul di INBOX email maupun FACEBOOK. Untuk tahap pertama, kami akan membahas tiga pesan pertama, selanjutnya akan kami lanjutkan. Langsung saja, kami menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada.


*

MUFLIHUL KHAIR, 20 Tahun , Makassar


Apa saja yang perlu dan harus di persiapkan untuk PPAN?

Banyak hal yang perlu di persiapkan MUFLI, pertama keyakinan kuat untuk diri kamu sendiri.  

“Ikutlah berperang, namun jika kamu sering membayangkan dirimu tewas tertusuk tombak, mundurlah matikan ketakutan itu. Bersahabatlah dengan dirimu, jadilah pemenang di medan perang. Majulah!”

Itu sebagai fondasi awal yang bisa membuat keyakinan kamu kokoh untuk bisa terpilih sebagai delegasi. Selanjutnya, kamu mesti mengurusi kelengkapan berkas, kemampuan bahasa, dan kemampuan untuk memperkenalkan budaya. Tiga poin penting, pribadi, bahasa dan budaya.



Kalau ENGLISH pasif, kira-kira berpeluang lolos GAK?

Selama masih ada waktu segera tingkatkan, selalu ada jalan untuk kamu yang mencari.


Kira-kira kalau saya ikut PPAN, program mana yang bagus untuk saya? Susah G Seleksinya?

Pertama, liat dari kuota tiap provinsi. Semua program PPAN menarik. Menurut kami, yang bisa ikut PPAN itu adalah orang yang punya keinginan untuk belajar, yang punya keinginan untuk mengembangkan dirinya lebih baik. Buang persepsi kalau seleksi itu sulit, cobalah menjadi pribadi yang positif pikiran dan perasaan.

Sebentar lagi di Sulawesi Selatan ada seleksi, sampai ketemu!


CANDRA SAIGUSTA, 20 Tahun , Lampung

Pertanyaan untuk soal wawasan nusantara, contoh pertanyaannya seperti apa ya?

Pertanyaan kamu akan kami jawab seperti ini,
“Bagaimana Indonesia di mata kamu?”
“Bagaimana budaya Indonesia hari ini?”
Intinya, dalam soal wawasan nusantara kamu mesti MENJADI INDONESIA. Yang di mana, bisa menjelaskan sebanyak mungkin tentang Indonesia, kemudian dapatkan lebih banyak informasi tentang provinsi kamu. Luaskan wawasanmu melebihi orang lain, untuk jadi pemenang. 

Apapun pertanyaan yang kamu dapatkan, kamu pasti bisa menjawabnya. Ikutlah seleksi tahun ini, cobalah! Selama matahari masih ada, apa yang tidak mungkin. Saya tunggu kabar kamu selanjutnya. Semoga kamu jadi delegasi dari LAMPUNG. #optimism

*

DAVID , 21 Tahun , Semarang

Bagaimana cara adaptasi dengan bahasa di awal program Wan?

Oke, adaptasinya terus jerumuskan diri dalam masalah. Pertama saya pribadi mendapat masalah dalam LISTENING, kemudian saya tertolong dengan kondisi HOSTFAMILY yang setiap malam seolah mengajarkan untuk latihan mendengar dan berbicara. Di meja makan, kadang kami menghabiskan waktu sekitar dua jam untuk saling berbagi cerita. Kecepatan berbicara HOSTFAM ku juga cukup menyulitkan, namun bantuan CP, semua bisa teratasi.

Mungkin kamu bisa lebih baik dari saya, cobalah tahun ini daftar.

*

Demikian beberapa jawaban yang kami berikan, jika masih ada silakan kembali bersurat. Setiap empat hari sekali kami akan membalas surat-surat yang ada. Terima Kasih untuk seluruh pengirim pesan, dan beberapa pujian yang ada.

Kata @hurufkecil, “pujian adalah ujian yang bersembunyi dalam huruf p” maka cukup pertanyaan yang kami tampilkan. 

3 comments:

  1. GOOD job d^_^b

    "learning by sharing" (*istilah dari suhu toefl ku :)

    **eh baru sadar, blm pi ku follow ini blog hehheheheh ^^v

    *segera klik 'join this blog"

    ReplyDelete
  2. Seneng Wan bacanya, meski itu bukan pertanyaan dari saya.

    Salam saya :)

    ReplyDelete
  3. Terima Kasih atas kunjungannya :D

    ReplyDelete

Powered by Blogger.