Kibarkan Merah Putih!!!

"Kau akan merindukan Indonesia, segala hal yang menyenangkan di Indonesia yang tak akan kau dapatkan disana" tegasnya. 

Pesan itu kudapat dari seseorang yang telah mengajarkanku untuk bertahan mengejar mimpi, meskipun kadang mimpi menyamarkan dirinya dalam bayangan, tapi sekiranya aku tetap harus mengejar bayangan yang nantinya dapat menemukan bentuk sebenarnya. Sebelum mendapat pesan itu, aku mengira semua mimpi yang terlalu tinggi hanya akan menjadi bayangan yang kehadirannya semu dan akan mengecewakanmu. Sebab, mimpi hari ini pernah menjadi bayangan yang sulit untuk dijamah bentuk aslinya. Perasaan pesimis yang rajin bertandang, kemudian hilang dengan hadinya orang-orang yang optimis dengan keyakinan perasaan. Mereka bercerita lalu saling melepas energi positif dalam setiap kisah yang telah dijalani. Dan aku belajar...

28 Oktober 2012, The Youth Pledge, memperingati sejarah yang lahir dari tahun 1928. 

84 tahun silam pemuda telah mengantakan mimpi besarnya dalam mencapai kemenangan bangsa Indonesia dari  penjajahan. Titik semangat perjuangan lahir dari tiga butir sumpah yang tertuang dalam "Sumpah Pemuda". Tanah Air, Bangsa dan Bahasa adalah poin yang meningkatkan kekuatan secara psikis untuk senantiasa berjuang secara maksimal untuk meraih kemenangan, yakni KEMERDEKAANMaka, dengan memperingati peristiwa tersebut sekiranya kami dapat merasakan niat mulia yang lahir dari Sumpah Pemuda. 

Berada jauh dari Indonesia mampu menghadirkan kerinduaan. Seperti pesan yang pernah kudapatkan, benar adanya, terlebih mengenang sejarah dan melihat kondisi yang ada hari ini. Sebuah kisah yang mesti untuk di baca secara batin hingga pikiran dan perasaan menyatu dalam satu titik temu. Hingga keinginan untuk mengharumkan, atau peduli dengan bangsa hadir dengan sendirinya. 

Nasionalisme-kah itu?

Tepat 28 Oktober, di Indonesia memperingati Sumpah Pemuda. Namun, kami memperingatinya pada tanggal 29 Oktober 2012. Hal tersebut bukan berarti mengurangi nilai yang ada pada tanggal 28 Oktober, namun kami mencoba menyesuaikan dengan jadwal yang ada. Tanggal 29 menjadi hari pertama kami untuk melakukan Educational Activity Day (EAD). Kami upacara kemudian melanjutkan dengan EAD. Semangat Sumpah Pemuda dapat menjalar keberbagai kegiatan dalam program ini, mulai dari EAD. 

Mengibarkan Sang Saka Merah Putih, menyanyikan lagu Indonesia Raya, membacakan Sumpah Pemuda dan menyanyikan beberapa lagu nasional. Sederhana, namun upacara tersebut berlangsung dengan khidmat. 

Peringatan itu sekaligus menanambahkan spirit untuk terus berkarya maksimal untuk bangsa Indonesia. Pada saat EAD, dengan materi pertama PLAN B Charlottetown, kami merasa menikmati dan mendapatkan pengalaman yang berbeda dari biasanya. 

Nuansa sumpah pemuda sangat terasa, kerinduaan akan Indonesia. 

Terlebih dengan mengenakan Attire A1, sambil mengibarkan bendera Merah Putih.



Terima Kasih telah berkunjung.., 

No comments:

Powered by Blogger.