"Saya menulis untuk belajar mendengar dan menegur diri sendiri"

Monday, July 30, 2012

Saya Punya Buku

3:55 PM Posted by Wawan Kurn 5 comments
Suatu hari nanti, aku ingin menghabiskan waktu dengan menulis. Hari ini aku masih terbata-bata, kadang tak mengerti apa yang sebenarnya saya tulis. Rangkaian kata atau diksi yang saya pilih masih sangat berantakan. Sampai hari ini saya masih bingung dengan kondisi serta keinginan untuk mendalami berbagai rimba raya kepenulisan, saya belum fokus. Saya sering menulis opini, sering menulis puisi, fiksi atau non-fiksi kadang masih saya pertanyakan.

Mengingat pesan salah seorang teman, "fokus saja, fiksi atau non-fiksi?"

Tapi apa memang harus seperti itu? Saya masih menulis apa yang ingin saya tulis,

Bagi saya menulis adalah permainan yang bisa membebaskan kita dari apapun. Saya takut, cemas, rindu, dan berbagai kondisi bisa saya tuliskan lalu dengan itu ada rasa puas tersendiri setelah menulis. Sama halnya ketika setahun yang lalu saya ingin bersembunyi dari rasa yang tiba-tiba berkunjung dan tak ingin pergi lagi. Menulis menjadi sebuah pelarian agar rasa itu bisa terbendung bahkan menulis menjadi ruang bagi saya untuk menemukan titik-titik ketenangan.

Ada banyak penulis dengan gaya penulisan yang berbeda-beda. Mereka telah menemukan karakter mereka masing-masing. Sementara saya masih belum bisa menemukan itu, tapi setidaknya saya mencoba untuk terus menulis. Hari ini berbeda dengan setahun yang lalu, aku menulis untuk bersembunyi dari rasa namun pada akhirnya semua terungkap tanpa disengaja. Hasilnya, semua berjalan dengan baik tapi tidak sesuai dengan prediksi yang ada.

Setahun kemarin saya menulis untuk mempersiapkan perasaan yang mungkin akan terluka. Sedikit kecewa lalu bisa saja menghamburkan segalanya, tapi semua itu tidak terjadi. Dulu saya sangat pesimis, namun karena saya menulis tentang semua yang ada dipikiranku maka saya sendiri yang menjawab semuanya. Sepertinya menulis adalah proses untuk berbicara dengan diri sendiri dalam dimensi yang berbeda.

Bagi saya menulis adalah proses menjaga kenangan, serta menulis adalah proses pengungkapan yang sejatinya mesti dilandasi dengan kesungguhan bertutur dengan tegas terhadap apa yang saya pikirkan dan rasakan. Saya berjanji pada diri saya sendiri untuk terus menulis, buku catatan menjadi teman yang bisa setia menemani sekaligus membantu janji saya. Suatu kesyukuran bagi saya, dengan banyaknya teman serta kakak yang selalu memberikan dukungan agar saya tetap menulis.

Sampai hari ini saya belum menerbitkan karya saya dalam bentuk buku secara perseorangan, tapi dalam antologi ada beberapa tulisan saya yang telah di bukukan.

Nah, dalam buku "Senja di pekuburan rindu" yang ditulis Irhyl R M dan Wahyu Desy ini, ada satu buah puisi yang berjudul "Dimensi Cinta", puisi tersebut adalah puisi yang masuk dalam 10 besar puisi terpilih dalam suatu lomba yang diadakan oleh salah satu komunitas kepenulisan.



Untuk buku yang berjudul "Secret of Writing" yang diprakarsai Bang Joni Lis Efendi, ada satu tulisan saya yang berjudul "Verba Volant Scripta Manent", tulisan tersebut merupakan hasil seleksi dari Bang Joni Lis Efendi dari seyembara yang dibuat.


Buku selanjutnya berjudul "Fiksi Surat Cinta" yang memuat satu tulisan dari saya. Buku ini merupakan antologi yang lahir dari beberapa teman kompasiana yang mengadakan event menulis surat cinta.



Buku keempat ini adalah antologi puisi yang diadakan oleh salah satu komunitas kepenulisan yang membuat event lomba menulis puisi dalam rangka memperingati hari lingkungan. Terdapat tiga buah puisi saya dalam buku "Sajak Pohon Bakau"

Semoga kedepannya bukan lagi antologi, tapi buku yang saya tulis sendiri. Mohon bantuan dan dukungan teman-teman. Agar mimpi itu terus terjaga dan terwujudkan, saya optimis. #optimism

Ini doa di 11 Ramadhan 1433 H
Amiin Yaa Rabb



5 comments:

  1. sip deh.. hebat nih mas karyannya udah dibukukan. meski hanya sebuah antologi syukuri aja mas, saya malah gak bisa kayak gitu. Mungkin itu hanya sebuah batu loncatan saja buat anda menuju tangga yang lebih tinggi nanti.. saya turut berdoa mas semoga tercapai impiannya..aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih atas doa dan dukungany bang!!

      Sukses...

      Delete